Sekretaris Dewan

A. KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI SEKRETARIS DPRD

a. Kedudukan

Kedudukan sekretariat DPRD Kabupaten Bungo berdasarkan Peraturan Bupati Tebo Nomor 39 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi, tugas dan fungsi, serta bagan struktur Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tebo.

Sekretariat DPRD dipimpin oleh seorang Sekretaris DPRD yang secara teknis operasional berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

b. Tugas :

Sekretariat DPRD mempunyai tugas :

  1. Menyelenggarakan administrasi kesekretariatan;
  2. Menyelenggarakan administrasi keuangan;
  3. Memfasilitasi rapat - rapat DPRD;
  4. Memfasilitasi pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD;
  5. Menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan fungsinya sesuai dengan kebutuhan.

 

c. Fungsi

Sekretariat DPRD mempunyai Fungsi:

  1. Mengkoordinasikan rencana kerja/program kerja DPRD dan kegiatan yang menyangkut Bagian di lingkup Sekretariat DPRD;
  2. Pengoordinasian penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD;
  3. Pemberian fasilitasi penyelenggaraan rapat DPRD;
  4. Penyusunan anggaran kegiatan DPRD dan Sekretariat DPRD;
  5. Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD;
  6. Pengoordinasian penyediaan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD;
  7. Penyelenggaraan penunjangan pelaksanaan program kerja tahunan DPRD;
  8. Pengoordinasian penyiapan perencanaan dan penyelenggaraan urusan rumah tangga, perjalanan dinas dan ketatausahaan DPRD;
  9. Penyiapan perencanaan dan penyelenggaraan peningkatan sumber daya manusia berkaitan dengan tugas, fungsi dan wewenang DPRD;
  10. Pelaksanaan urusan kepemimpinan, pendistribusian dan pemberian petunjuk pelaksanaan tugas kepada para Kepala Bagian, sesuai dengan bidang tugasnya;
  11. Pemantauan, pengendalian, evaluasi dan penilaian pelaksanaan tugas bawahan;
  12. Pengoreksian dan pemberian paraf konsep surat di lingkungan Sekretariat DPRD;
  13. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas/kegiatan Sekretariat DPRD sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  14. Pemberian saran dan bahan pertimbangan kepada Pimpinan DPRD yang berkaitan dengan kegiatan kesekretariatan DPRD dalam rangka pengambilan keputusan/kebijakan; dan
  15. Pelaksanaan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Pimpinan DPRD dan Bupati.

 

B. STRUKTUR ORGANISASI

Sekretariat DPRD Kabupaten Tebo dipimpin oleh Sekretaris DPRD, adapun struktur organsisasi DPRD Kabupaten Tebo adalah sebagai berikut:

a. Bagian Umum dan Keuangan, membawahi:

  1. Subbag Tata Usaha dan Kepegawaian;
  2. Subbag Program dan Keuangan; dan
  3. Subbag Rumah Tangga.

b. Bagian Fasilitas Penganggaran dan Pengawasan, membawahi:

  1. Subbag Fasilitas Penganggaran;
  2. Subbag Fasilitas Pengawasan; dan
  3. Subbag Kerjasama dan Aspirasi.

c. Bagian Persidangan dan Perundang-Undangan, membawahi:

  1. Subbag Persidangan dan Risalah;
  2. Subbagian Humas, Protokol dan Publikasi; dan
  3. Subbagian Pengkajian Perundang-Undangan.